TAHAJUD CALL

Imam Ali bin Abi Thalib berkata :

  1. Ada sebagian orang beribadah kepada Allah swt semata – mata mengharapkan imbalan. Dan itulah ibadahnya PARA PEDAGANG.
  2. Sebagian lagi beribadah karena takut terkena hukuman, dan itulah ibadahnya PARA HAMBA SAHAYA
  3. Dan sebagian lagi beribadah karena BERSYUKUR kapada Allah swt, dan itulah ibadahnya orang – orang YANG MERDEKA JIWANYA.

Ali bin Abi Thalib berkata : “Aku sungguh heran terhadap seseorang yang LUPA akan KEMATIAN padahal dia melihat orang – orang yang meninggal dunia.

Rasulullah bersabda :”Barangsiapa memuliakan para istrinya di atas kemuliaan IBUNYA, maka Allah beserta malikat dan manusia melaknatnya. Allah swt juga tidak menerima kebijakannya sampai ia bertaubat kepada Allah swt serta berbuat baik dan memohon kerelaan kepada ibunya.” (HR. TIRMIDZI)

Imam Ghazali berkata :”Para penempuh jalan akhirat lebih banyak ditimpa cobaan dan musibah. Tidak hanya sekali, dia kali bahkan selamanya.”

Ibnu Mas`ud r.a berkata:Allah swt telah melaknat perempuan yang membuat tahi lalat palsu dan yang meminta dibuatkan, dan yang memotong alisnya, memangur giginya serta yang membuat – buat kecantikan dengan merusak buatan Allah swt.” (HR. BUKHARI & MUSLIM)

Nabi Isa as berkata :“Bernahagialah orang – orang yang perkataanya DZIKIR, diamnya BERPIKIR dan pandangannya PENUH PERHATIAN. Sesungguhnya, orang yang sempurna akalnya adalah meraka yang selalu berbekal menghadapi kehidupan setelah matinya.”

Rasullah SAW bersabda :“Janganlah kalian ber-Nadzar, karena Nadzar tidak bisa mencegah takdir. Nadzar itu dikeluarkan oleh orang yang kirkir.” (HR MUSLIM)

Rasullah SAW bersabda :“Jika Allah swt menghendaki sesuatu kebaikan bagi seseorang. Allah swt akan memperlakukannya dengan baik.” Sahabat bertanya :”Bagaimana Allah memperlakukannya ?” Rasullah SAW menjawab :“Allah swt menuntunnya BERBUAT AMAL SALEH sebelum kematiannya. (HR TIRMIDZI)

“Kalian ini tidaklah memperoleh kemenangan dan Rezeki melainkan karena adanya orang – orang lemah diantara kalian.” (HR BUKHARI)

Ali Bin Abi Thalib ra berkata :“Janganlah seseorang hamba itu mengharap selain kepada Tuhannya, dan janganlah dia takut selain kepada dosanya.”

Ibnul Qayyim Al Jauziyah berkata :“Jika hanya Allah yang engkau tuju, KEMULIAAN akan datang dan mendekat kepadamu, segala keutamaan akan menghampirimu, dan kemulian sifatNya akan mengikutimu.” SELAMAT TAHAJUD

Rasullah SAW bersabda :“Setiap pagi ada 2 malaikat yang turun ke bumi, Yang satu berdo`a, :”Ya Allah BERIKANLAH GANTI KEPADA ORANG YANG BERINFAQ.” Sedangkan yang lainnya berdo`a :Ya Allah BERIKANLAH KEBINASAAN KEPADA ORANG YANG KIKIR.”  Abu Hurairah ra Muttafaq ‘alaih.

“Barangsiapa yang ingin agar do`anya dikabulkan dan kesiltannya teratasi, hendaklah dia menolong orang yang dalam kesempitan.” (HR AHMAD)

“Barangsiapa yang bekerja dan telah dikarunia i rezeqi (upah) maka apa yang ia ambil selain itu adalah bentuk penghianatan.” (HR ABU DAWUD)

Puasa itu bukan sekedar menahan makan dan minum, tetapi puasa adalah menahan diri dari melakukan perkara sia – sia dan keji.” (HR IBNU KHUZAIMAH)

Rasulullah SAW :”Amal perbuatan yang paling dicintai ALLAH setelah ibadah wajib adalah memberikan kebahagiaan kepada saudara Muslim.” (HR THABRANI)

Dari Abu Hurairah ra, ia berkata, Rasulullah SAW bersabda :”Siapa saja yang meminta – minta kepada sesama manusia dengan maksud untuk memperbanyak harta kekayaan, maka sesungguhnya ia meminta bara api, sehingga terserah adanya apakah cukup dengan sedikit saja atau akan memperbanyaknya.” (HR MUSLIM)

Imam Ali ra berkata : “Orang dermawan adalah orang yang tidak mengharapakan ucapan terima kasih saat memberi.” @MARI TAHAJUD

Nabi SAW bersabda :”Jagalah dirimu dari api neraka walau hanya bersedekah dengan separuh biji kurma, kalau tidak mendapatkannya, cukup dengan kata – kata manis.” ( HR BUKHORI MUSLIM)

Rasulullah saw bersabda :”Para sahabat bertanya, wahai rasulullah apa qurban ini?” Rasulullah menjawab :” Tuntunan nenekmu Nabi Ibrahim as. Mereka bertanya :”Apa yang kita dapatkan dari qurban itu wahai Rasulullah ? Rasul menjawab :”Setiap helai bulu hewan qurban, satu kebaikan.” (HR HAKIM)

Rasulullah saw bersabda :”Tidaklah seorang Muslimpun yang tertimpa suatu musibah penyakit ataupun lainnya melainkan ALLAH SWT menggugurkan (menghapus) dosa – dosanya, sebab sakit tersebut sebagaimana pohon kayu yang menggugurkan daunnya.” (HR BUKHARI)

Rasulullah saw bersabda :”Siapa yang memiliki bekal dan kendaraan yang dapat membawa ke Baitul Harum, TETAPI ia tidak melakukan HAJI, maka ia akan Mati seperti matinya orang Yahudi atau Nasrani.” (HR TIRMIDZI & BAIHAQI)

Seorang  bertanya pada Ibnu Mas’ud ra :”Tempat mana yang harus aku datangi saat aku mendapati keadaanku galau dan terasing ? JAWABNYA : “Datangilah tempat yang Al Qur’an sering dibacakannya niscaya kamu akan dapati tempat – tempat yang kamu DIAJAK untuk mengingat dan menyebut ALLAH serta akan bertambah ilmumu. Terakhir, datangi ALAS sajaddahmu di KEHENINGAN MALAM dan mengaduh kepada Rabb pengatur hidupmu .”

Diriwayatkan dr abu Musa, dia berkata :”Sejumlah orang bertanya kepada Nabi SAW :” Wahai Rasul, siapa muslim terbaik ?” Beliau menjawab :”Muslim yang lidah dan tangannya tidak menyakiti muslim yang lain.” (HR BUKHARI) Selamat Tahajud, lanjut sahur …

Rasulullah SAW bersabda :”Barangsiapa memamerkan perbuatan baiknya agar oaring – orang menghormatinya, maka ALLAH akan menunjukkan kepada orang – orang mengenai apa yang sesungguhnya ada dalam hati orang itu.” ( HR BUKHARI & MUSLIM )

Nabi SAW : “Perbanyaklah Shalawat kepaku pada siang dan malam Jum`at. Aku akan menjadi saksi dan memberi syafaat kelak pada hari kiamat.” (HR BAIHAQI).

Abu Sa`id Al Khudri ra berkata :”Orang yang ingin bahagia haruslah selalu menyucikan jiwa dengan :

1.      Selalu membaca Al Qur`an
2.      Mengosongkan perutnya dengan jalan berpuasa
3.      Shalat Malam (Tahajud)
4.      Bergaul dengan orang yang taat kepada Agama
5.      Tidak memakan makanan haram.”

Ibnul Qayyim Al-Jauziyah berkata : “CIRI KEMENANGAN SEORANG HAMBA :

1.      Jika ilmunya bertambah, bertambahpula kerendahan hatinya.
2.      Jika amal shalehnya bertambah, bertambah pula kedermawanannya
3.      Jika kedudukannya bertambah, bertambah pula kedekatannya dengan manusia
4.      Semakin usianya berkurang, semakin berkurang pula AMBISI – AMBISI KEDUNIAWIANNYA.”

Tanya seorang laki – laki dari Bani Salamah : “Ya Rasul, masih adakah kesempatan untuk berbuat baik kepada orang tuaku setelah mereka wafat.” Nabi SAW : “DOAKAN keduanya, mintakan ampun untuk keduanya, laksanakan wasiatnya, sambung tali silaturahmi dengan kerabatnya dan mulyakan teman – temannya.” (HR IBNU MAJAH)

Rasulullah saw bersabda : “Amal – amal itu dilaporkan kepada Allah pada hari Senin dan Kamis, karena itu aku ingin amalku dilaporkan pada waktu aku sedang berpuasa.” (HR AT TIRMIDZI dari ABU HURAIRAH ra) Mari berpuasa Kamis.

“Berbuat baiklah di Hari Senin dan Kamis, amal – amal itu dihadapkan kepada ALLAH setiap hari Senin dan Kamis.” (HR MUSLIM)

Ibnu Mas’ud : “Sudah merupakan dosa bagi seseorang apabila dikatakan kepadanya bertaqwalah kepada Allah, lalu ia menjawab jagalah dirimu sendiri.”

Mangga shalat Subuh

“Ya ALLAH, sungguh dengan memohon perlindungan kepadaMU dari kelemahan, kemalasan, sikap pengecut dan penyakit tua serta kekikiran.” (HR BUKHARI)

ALLAH swt berfirman : “syaitan menjajikan (menakut – nakuti) kamu dengan kemiskinan dan menyuruh kamu berbuat kejahatan (kikir), sedang ALLAH menjanjikan untukmu ampunan dari padaNYA dan karunia. ALLAH maha luas karuniaNYA lagi maha mengetahui.” (QS AL BAQARAH 168 )

Dari Abu Hurairah ra ia berkata, Rasulullah bersabda :”Ada dua hal didalam diri manusia yang bisa mengakibatkan kufur, yaitu menghina nazab dan meratapi orang yang meninggal dunia.” (HR MUSLIM)

Rasulullah saw bersabda :”Ada tiga perkara yang menyebabkan aku cinta pada kehidupan dunia, yaitu waita, wangi – wangian dan bercahayanya mataku didalam shalat.”  (HR AHMAD, AN NASAI, AL HAKIM dan AL BAIHAQI)  Monggo SHALAT TAHAJUD.

Abdullah bin ‘Amr menceritakan, bahwa seorang lelaki bertanya kepada Rasulullah saw :”Ya Rasul, amalan apakah yang terbaik ?” Jawab Rasulullah saw : “Engkau memberi MAKAN orang lain dan engkau mengucapkan SALAM kepada orang yang kau kenal maupun yang tidak engkau kenal.”  (HR BUKHARI)

Rasulullah saw bersabda :”Seorang muslim yang biasa – biasa saja dalam beribadah namun memiliki budi pekerti dan akhlaq yang terpuji ; maka akan dapat mencapai derajat setaraf dengan orang – orang yang banyak shalat, Puasa dan membaca Al Qur`an.” (HR ACHMAD BIN HAMBAL)

Renungan sahur :

Dari Abu Hurairah ra, ia berkata, Rasulullah saw bersabda : “Allah azza wa jalla berfirman :”Hamba – hambaKU yang paling AKU sukai adalah yang paling cepat kalau berbuka puasa.” (HR TURMUDZI)

Abdullah bin Umar ra :”Dua hal yang aku sesali

  1. 1.      Hari – hari yang panas tanpa kesejukan PUASA
  2. 2.      Malam – malam yang dingin tanpa kehangatan shalat Tahajud

“Seburuk – buruk makanan adalah makanana resepsi pernikahan yang hanya memanggil orang – orang kaya dan meninggalkan orang – orang fakir.” (HR BHUKARI)

Rasulullah bersabda :”Hai sekalian manusia sebarkan salam, berikanlah makanan (sedekah) dan sahalatlah malam diwaktu manusia sedang tidur, supaya kamu masuk syurga dengan selamat.” (HR IMAM TIRMIDZI)

Rasulullah bersabda :”Telah dijadikan bumi untukku sebagai tempat bersujud dan bersuci. Maka , barangsiapa dari umutku yang mengetahui DATANGNYA WAKTU Shalat, hendaklah dia segera shalat.” (HR BUKHARI)

Rasulullah SAW :”AGAMA ini kokoh dan kuat . Masuklah dengan lunak dan JANGAN sampai timbul dalam dirimu KEJENUHAN beribadah kepada RabbMU.” (HR BAIHAQI)

“Wahai hambaKU, kamu selalu berbuat dosa disiang dan malammu, dan Akulah yang akan mengampuni semua dosa itu, maka mohonlah ampunan kepadaKU.” (HR MUSLIM)

“Duhai Tuhanku, karunikan kepadaku ilham agar aku selalu mensyukuri nikmatMU yang KAU anugrahkan kepadaku dan kepada kedua orang tuaku, dan agar aku selalu beramal saleh yang KAU ridloi. Dengan rahnatMU, masukkan aku delam golongan hamba – hambaMU yang saleh.” (QS AN NAML : 19)

“Barang siapa yang mendengar seruan Adzan pada hari jum`at akan tetapi ia tidak mendatanginya, maka ALLAH akan menutup hatinya, dan menjadikan hatinya menjadi Hati orang Munafiq.” (HR BAIHAQI)

Rasulullah saw bersabda :”Bersucilah setelah buang air kecil, karena kebanyakan siksa kubur karena melalikannya.”  (HR AR DARUQUNI)

Rasulullah SAW bersabda :”Jika ada KERAGUAN dalam dadamu, maka tinggalkanlah. Dan jika kejelekan menjadikanmu merasa berdosa dan kebaikan menjadikanmu membuat gembira, maka sesungguhnya engkau telah beriman.”  (HR AHMAD)

“Orang yang belas kasihan akan dikasihi Ar Rahman. Karena itu, kasih sayangilah yang di bumi, maka kamu akan disayangi oleh Allah.” (HR BUKHARI)

Nasihat Hasal Al – Banna :”Detik demi detik pada malam hari itu teramat mahal. Jangan kau sepelekan ia dengan amal – amal yang melalikan.”

Rasulullah SAW bersabda :”Demi Dzat yang nyawaku ada di gegamanNYA, LAKSANAKAN Amar Ma`ruf dan CEGAHLAH kemungkaran. Tidakkah kalian takut akan diturunkan siksa/bencana dari sisi ALLAH ? Kemudian kalian berdo`a kepadaNYAdan do`a kalian tidak dikabulkan  ?”. (HR TIRMIDZI) @Mari Shalat tahajud.

Setiap Anak Adam itu pasti mempunyai kesalahan / dosa dan sebaik – baik orang yang mempunyai kesalahan ialah orang yang banyak bertaubat.” (HR TIRMIDZI)

“Amr bin Al -Ash meriwayatkan, Rasulullah bersabda :”Sedekat – dekat hamba kepada ALLAH swt adalah pada tengah malam yang terakhir. Apabila engkau bisa termasuk golongan orang – orang yang berdzikir mengingat ALLAH pada saat itu, maka LAKUKANLAH.” (HR AL HAKIM)

Ya`qub berkata :”Orang ikhlas adalah orang yang menyembunyikan kebaikan – kebaikan dirinya sebagaimana ia menyembunyikan keburukan – keburukannya (Tazkayatun Nafs, Hal : 16)

SELAMAT SAHUR PUASA SENIN: “…Puasa adalah perisai dari api neraka. Ia adalah benteng dari sekian benteng orang muknin.”

Buatlah rumah – rumah kalian, sebagai tempat MENEGAKKAN sebagian SHALAT kalian dan janganlah kalian buat rumah – rumah kalian seperti KUBURAN.” (HR Bukahri

Abu Darda` ra berkata : “Jika kalian ingin, aku akan bersumpah pada kalian, bahwa hamba ALLAH yang paling dicintai ALLAH adalah ahli Shalat Tahajud.”

“Orang yang cerdik adalah orang yang dapatmenaklukkan nafsunya dan beramal untuk bekal sesudah wafat. Orang yang lemah ialah yang mengikuti kata nafsunya dan berangan – angan muluk terhadap ALLAH.” (HR ABU DAWUD)

“Barangsiapa dikarunia Allahkenikmatan hendaklah dia bertahmid (memuji) kepada Allah, dan barangsiapa merasa diperlambat rezekinya hendaklah dia beristighfar kepada Allah.” (HR AL BAIHAQI)

Rasulullah bersabda :”Hai sekalian manusia, sebarkan salam, berikanlah makanan (sedekah) dan shalatlahmalam diwaktu manusia sedang tidur, supaya kamu masuk Syurga dengan selamat.” (HR IMAM TIRMIDZI)

Dharar bin Murrah berkata: “Iblis berkata, JIKA akau dapat menguasai tiga hal pada diri manusia, maka hajatku terpenuhi, yaitu :

1.    JIka dia melupakan dosa – dosanya.
2.    Jika dia merasa, bahwa amalannya sudah banyak
3.    Jika mereka bangga dengan pendapatnya

 

Abu Dzar Dzar ra berkata :”Wahai para manusia, sesungguhnya aku adalah penasehat bagi kalian, Shalatlah kalian dikegelapan waktu malam.”

 

“Duhai Tuhanku, karuniakan kepadaku ilham agar aku selalu mensyukuri nikmatMU yang Kau anugrahkan kepadaku dan kepada kedua orang tuaku dan dengan rahmatMu masukkanlah aku ke dalam golongan hamba – hambaMU yang shalih.” (QS AN NAML : 19)

Renungan Hari Ini !!! :  ALLAH SWT berfirman : “Syaitan menjajnjikan (menakut – nakuti) kamu dengan kemiskinan dan menyuruh kamu berbuat kejahatan (kikir) sedang ALLAH menjanjikan untukmu ampunan dari padaNya dan karunia. Allah Maha Luas karuniaNya lagi Maha Mengetahui.” (QS Al Baqarah : 268)

Ada 3 perkara yang menyelamatkan dari bencana :

  1. TAKUT kepada Allah baik dalam keadaan sepi maupun ramai.
  2. SEDERHANA dalam keadaan kaya atau miskin
  3. ADIL dalam keadaan senang atau marah. (HR THABRANI _ BAIHAQI)  @Mari shalat Tahajjud  !!!

Mangga shalat Subuh !!!Ya Allah sungguh aku memohon perlindungan kepadaMU dari kelemahan, kemalasan, sikap pengecut dan penyakit tua serta kekikiran.” (HR BUKHARI)

Pada suatu ketika, KUBURAN berkata : “Aku adalah tempat paling gelap, maka terangilah aku dengan tahajud. Aku adalah tempat paling sempit, maka luaskanlah aku dengan bersilaturahmi. Aku adalah tempat yang paling sepi, maka ramaikanlah aku dengan perbanyak baca Al Qur`an. Aku adalah tempatnya binatang – binatang yang menjijikkan, maka racunilah ia dengan amal sedekah. Aku adalah tenpat Munkar dan Nakir bertanya, maka persiapkanlah jawaban denga perbanyak mengucapkan kalimat “LA ILAHA ILALLAH.”

Janganlah seorang laki – laki mudah membenci istrinya, Jika ia tidak senang pada sesuatu kelakuannya pasti ada juga kelakuan lain yang amat disenangi (HR MUSLIM)

Rasulullah bersabda :”Hai manusia ! sesungguhnya Allah berfirman :”Hendaklah kamu menyuruh berbuat kebaikan dan sesungguhnya kamu mencegah perbuatan mungkar sebelum kamu berdo`a lalu do`amu tidak dikabulkan.” (HR AHMAD dan AL BAIHAQI dari `AISYAH RA).

Ali Bin Abi Thalib berkata :”Janganlah engkau menghancurkan kebaikanmu dengan kebanggaan dan kesombongan.”

Ibnul Qayyim berkata : “Ciri kemenangan seorang hamba itu, JIKA USIANYA Semakin bertambah, maka semakin berkurang pula Ambisi – ambisi Duniawinya.”

“Ya ALLAH hiasilah kami dengan hiasan orang – orang yang menyebarkan petunjuk lagi mendapat petunjukMU.” (HR AN NASA`I)

`Amr bin Al `Ash, meriwayatkan Rasulullah SAW bersabda :”Sedekat dekat hamba kepada ALLAH SWT adalah pada tengah malam yang terakhir. Apabila engkau bias termasuk golongan orang – orang yang berzikir mengingat ALLAH pada saat itu, maka LAKUKANLAH.” (HR AL HAKIM)

> Mungkinkah kita memiliki KEIKHLASAN ? Tanpa bantuan ALLAH SWT, kita tidak bias memilikinya, itu sebabnya Nabi SAW selalu berdo`a :”Wahai yang membolak – balikkan HATI, tetapkanlah HATIKU di atas AgamaMU. Wahai Yang memalingkan HATI, palingkanlah hatiku untuk taat kepadaMU.” (HR MUSLIM).

Rasulullah SAW : “Tiga orang yang tidak dilihat dan tidak diberi rahmat oleh ALLAH pada hari kiamat, yaitu ; orang yang DURHAKA kepada kedua orang tuanya, orang yang suka minum minuman keras (memabukkan) dan orang yang suka mengungkit pemberiannya.” (HR AHMAD)

Abu Bakar Ash Shiddiq :” Orang yang bakhil tidak akan lepas dari salah satu untuk sifat yang membinasakan :

1.       Pewarisnya menggunakan hartanya untuk maksiat
2.       Hartanya akan diambil oleh penguasa dlolim
3.       Hartanya menjadi rebutan orang – orang jahat, atau
4.       Hartanya akan dicuri dan digunakan untuk foya – foya.

 

Tiga hal termasuk pusaka kebajikan :

  1. Merahasiakan keluhan
  2. Merahasiakan musibah
  3. Merahasiakan sedekah yang dikeluarkan

(HR ATH THABRANI)

Rasulullah SAW bersabda : “Orang yang TIDAK menyayangi anak kecil dan tidak menghormati orang tua, BUKANLAH termasuk golongan kami.” (HR BUKHARI)

“Apabila TAMU telah masuk rumah, maka ia masuk dengan membawa rezeqinya. Dan keluarnya membawa pengampunan dosa orang – orang rumah itu.” (HR DAILAMI)

“Barang siapa yang ingin agar do`anya terkabu dan kesulitannya teratasi, hendaklah dia menolong orang yang dalam kesempitan.” (HR AHMAD)

Dari Abdullah bin Abbas ra : “Rasulullah SAW  adalah manusia yang paling dermawan dan beliau LEBIH dermawan lagi di bulan Ramadhan.”(HR BUKHARI)

Rasulullah SAW :”Mohonlah kepada ALLAH kesehatan, sesungguhnya karunia yang lebih baik sesudah keimanan adalah kesehatan.” (HR IBNU MAJAH)

Rasulullah SAW bersabda :”JUM~AT adalah hari yang paling utama di sisi ALLAH, maka perbanyaklah do`a, sedekah dan shalatlah Tahajut.” (HR IBNU MAJAH)

Nabi SAW bersabda :”Sesungguhnya Syurga itu memiliki satu pintu yang disebut “Babbu Ar Rayyan”, pada hari Kiamat kelak pintu tersebut akan bertanya “DIMANAKAH ORANG – ORANG YANG BERPUASA?” apabila orang – orang (yang ahli berpuasa) telah masuk, maka pintu itu akan tertutup.” (HR JAMA’AH AHLI HADITS)

Rasulullah SAW tidur di atas tikar, saat bangun membekaslah tikar pada punggung beliau. Maka para sahabat berkata : “Wahai Rasulullah, alangkah baiknya jika kami sediakan kasur untukmu.” Beliau menjawab :”Apa urusanku dengan dunia? Di dunia ini aku tidak lebih bagaikan pengendara yang berteduh dibawah pohon kemudian berangkat meninggalkannya.” (HR TIRMIDZI dari IBNU MAS’UD ra)

Bertanyalah pada HATI dan NAFSU mu; KEBAIKAN itu yang menyebabkan jiwa dan hatimu tenteram, dan KEJAHATAN adalah yang merisaukan jiwamu” (HR MUSLIM)

Rasulullah SAW bersabda :”Janganlah engkau banyak TERTAWA sebab banyak tertawa itu mematikan cahaya hati nurani.” (HR BAIHAQI)

Abu Bakar Ash Shiddiq : “Barangsiapa masuk ke dalam Kubur tanpa membawa bekal. Seakan – akan ia mengarungi lautan tanpa perahu.”  @Mari Tahajud …

“Tiada seorang mukmin ditimpa sakit atau kesedihan sampai duri yang menusuk kecuali dengan itu Allah menghapus dosanya.” (HR BUKHARI)

 Muhammad Idris Asy Syafi’I berkata : “JAGALAH lisanmu jangan kau sebut – sebut kekurangan orang, karena engkau memiliki kekurangan dan orang lain memiliki lisan. JAGALAH matamu ! jika terlihat olehmu aib orang lain, katakanlah ; wahai Mataku orang lain pun memiliki mata.”

Advertisements

About ariskhoiri1

nama bintang dan akhir nama anak saya yang terakhir
This entry was posted in Uncategorized. Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s